1. Hal yang harus diperhatikan dalam tata letak menu saat membangun sebuah interface yaitu :
- User Compatibility
Interface harus disesuaikan dengan user, dan tidak dianjurkan merancang interface untuk dirinya sendiri. Hal ini didasarkan karena sistem diciptakan untuk kebutuhan user.
- Product Compability
Sebuah interface sistem, harus sesuai dengan bentuk manual atau tradisionalnya. Sehingga diharapkan menghasilkan laporan serta informasi yang detail dan akurat dibandingkan dengan sistem manual.
- Task Compability
Interface harus membantu dan memudahkan user dalam menyelesaikan tugasnya.
- Work Flow Compability
Sistem manual harus disediakan oleh pengembang perangkat lunak, dan menyediakan runutan-runutan pekerjaan yang ada pada sebuah sistem.
- Consistency
Sebuah sistem harus sesuai dengan sistem nyata serta sesuai dengan produk yang dihasilkan.
- Familiarity
Interface sebisa mungkin didesain dengan interface pada umumnya, dari segi tata letak, model, dan sebagainya.
- Simplicity
Kesederhanaan perlu diperhatikan pada saat membangun interface.
- Direct Manipulation
Sistem harus mempunyai media atau tools yang dapat digunakan untuk melakukan perubahan pada interfae sesuai dengan keinginan user. Dalam hal ini dicustomize oleh user.
- Control
Sistem harus memiliki penanganan terhadap kesalahan yang dilakukan oleh user.
- WYSIWYG
“what you see is what you get”, informasi yang ditampilkan harus sesuai dengan usaha yang dilakukan oleh user.
- Flexibility
Sistem harus menyediakan berbagai solusi penyelesaian suatu masalah.
- Responsiveness
Sistem harus memiliki respon yang baik, maksudnya adalah kecepatan akses suatu sistem akan sangat mempengaruhi mood user.
- Invisible Technology
Suatu sistem harus memiliki suatu kelebihan yang tidak melulu diminta oleh user, maksudnya diciptakan suatu terobosan baru pada suatu sistem.
- Robustness
Interface yang baik dapat berupa frase-frase menu atau error handling yang sopan.
- Protection
Proteksi disini lebih menjaga kenyamanan user. Nyaman dimaksudkan user tidak menemui susasana kacau ketika user salah memasukkan data atau salah eksekusi.
- Easy of Learning and Easy of Use
Kemudahan dalam mengoperasikan perangkat lunak hanya dengan memandangi atau belajar beberapa jam saja.
0 komentar:
Posting Komentar