Selasa, 20 Maret 2012

Teory UAS Arsitektur & Organisasi Komputer

1. Ekskusi Program
Penjelasan dari Ekskusi Program disamping :
  1. Control  Unit mengambil nilai 1940 pada Main Memory dengan alamat 300 diletakan pada CPU register dengan PC Counter berisikan alamat instruksi 300.
  2. Kemudian Control  Unit mengambil data 0003 pada Main Memory dengan alamat 940 diletakkan yang di accumulator dengan PC Counter berisikan alamat instruksi 300.
  3. Control Unit mengambil data 5941 di Main Memory dengan alamat 301 dan diganti (replace) di CPU Register dengan PC Counter berisikan alamat instruksi 301.
  4. Pada Accumulator data 0003 ditambah dengan data 0002 di alamat 941 sehingga jumlah data menjadi 0005 di Accumulator dengan PC Counter beralamatkan instruksi  301.
  5. Kemudian data 2941 di Main Memory dengan alamat 302 oleh CU akan dikirim ke CPU Register PC Counter berisikan alamat instruksi 302.
  6. Setelah itu dari Accumulator oleh CU data 0005 dibawa ke Main Memory ke adress 941 data di replace (diganti) yang sebelumnya 0002 menjadi 0005 dengan PC Counter alamat instruksi 302.
2. Keunggulan RICS (Reduced Instruction Set Computer) & CISC (Complex Instruction Set Computer)
  • RISC keunggulanya dari Komputer RISC memberikan beberapa kelebihan. Karena masing-masing instruksi hanya membutuhkan satu siklus detak untuk eksekusi, maka seluruh program dapat dikerjakan setara dengan kecepatan dari eksekusi instruksi “MULT”. Secara perangkat keras, prosesor RISC tidak terlalu banyak membutuhkan transistor dibandingkan dengan CISC, sehingga menyisakan ruangan untuk register-register serbaguna (general purpose registers). Selain itu, karena semua instruksi dikerjakan dalam waktu yang sama (satu detak), maka dimungkinkan untuk melakukan pipelining. 
  • CISC melaksanakan suatu perintah cukup dengan beberapa baris bahasa mesin sedikit mungkin. Hal ini bisa tercapai dengan cara membuat perangkat keras prosesor mampu memahami dan menjalankan beberapa rangkaian operasi. Untuk tujuan contoh kita kali ini, sebuah prosesor CISC sudah dilengkapi dengan sebuah instruksi khusus, yang kita beri nama MULT. Saat dijalankan, instruksi akan membaca dua nilai dan menyimpannya ke 2 register yag berbeda, melakukan perkalian operan di unit eksekusi dan kemudian mengambalikan lagi hasilnya ke register yang benar, jadi instruksi yang dikerjakan cukup satu kali.
3. Teknik Hyper-Threading
Sebutan resmi untuk teknologi Hyper-threading adalah Hyper-Threading Technology yang disingkat dengan sebutan HTT. Teknologi karya Intel ini merupakan pengembangan dari teknologi Super-threading yang sebelumnya pernah diterapkan di prosesor Xeon (prosesor untuk server). Hyper-threading adalah bentuk inovasi teknologi yang lebih maju, yang menggunakan teknologi simultaneous multithreading (SMT), yang kemudian diterapkan pada beberapa varian prosesor Pentium 4, baik yang versi prosesor desktop maupun mobile Teknologi Hyper-threading ini tidak diterapkan di generasi prosesor Pentium M berbasis core, Merom, Conroe dan Woodcrest. Perlu pula diketahui, penggunaan teknologi hyper-treading ini ternyata tidak efisien dalam penggunaan energi. Masalah inilah yang menjadi pertimbangan mengapa teknologi hyper-threading ini tidak diterapkan pada prosesor-prosesor baru berbasis core. Teknologi Hyper-threading sendiri dapat digambarkan sebagai berikut: Sebuah prosesor yang dilengkapi teknologi hyper-threading oleh software ‘Operating system’ dianggap terdiri dari 2 prosesor (2 ‘logical’ processor). Dengan demikian ‘operating system’ dapat bekerja secara simultan di kedua prosesor (‘logical’ prosesor) tersebut. Hal ini mengakibatkan prosesor dapat memproses beberapa pekerjaan (berkas/tugas) sekaligus, sehingga pemrosesan berjalan lebih cepat dan memperpendek waktu kerja. Boleh juga dikatakan, dengan adanya teknologi Hyper-threading ini memungkinkan sebuah prosesor bekerja seperti ‘dual prosesor’, atau prosesor tunggal dibaca seolah-olah menjadi ganda. Hal ini terjadi karena teknologi ini bekerja dengan cara menggandakan (menduplikasi) bagian/seksi tertentu dari prosesor (menyimpan catatan arsitektur prosesor).
4. Symetrical Multiprocessing
Sistem multi prosessor yang sering digunakan adalah model symmetric multiprocessing, dimana setiap prosessor menjalankan sistem operasi yang identik dan komunikasi antar prosesor jika diperlukan. Beberapa sistem menggunakan asymmetric multiprocessing, dimana setiap prosessor mempunyai tugas tetentu. Prosessor master mengontrol sistem, prosessor lain menunggu instruksi master atau mempunyai tugas yang ditentukan oleh master. Skema ini merupakan hubungan master-slave. Prosessor master menjadwal dan mengalokasikan pekerjaan dari prosessor slave. Contoh symmetric multiprocessing adalah sistem UNIX versi Encore’s untuk komputer Multimax Komputer dapat dikonfigurasikan untuk menangani satu lusin prosessor, semua menjalankan UNIX. Keuntungan dari model ini adalah bahwa beberapa proses dapat berjalan pada satu waktu (N proses jika terdapat N CPU) tanpa menyebabkan pengurangan performansi. Sehingga kita dapat mengontrol I/O secara hati-hati untuk menjamin data mendapatkan prosessor yang tepat.
5. Hal yang dapat kita lakukan untuk computer performance improvement.
Seiring dengan banyaknya program/software yang ter install pada komputer kita, maka sering pula merasa kinerja komputer kita menjadi semakin lambat. Hal ini wajar apalagi dengan semakin lamanya penggunaan komputer dengan berbagai program didalamnya yang selalu ditambah tanpa memperhatikan program-program yang sudah ter install. Adappun untuk menghadapi permasalahan seperti itu menurut saya hal yang harus kita lakukan untuk computer performance adalah kita melakukan uddate antivirus seara berkala (rutin) dan membasmi haigean.exe yang ada dalam komputer, meminimalkan kapasaitas memory, Melakukan pembersihan program program atau file temporary secara berkala misal dengan Registry Reviver merupakan teknologi yang paling canggih untuk mendiagnosa, membersihkan dan memperbaiki kesalahan komputer untuk memulihkan kinerja yang optimal dan mempercepat system PC yang lambat. Dan yang perlu diperhatikan lagi yaitu instal lah program aplikasi yang di perlukan saja.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More